by Donna Trianty

Apr 4, 2011

PERILAKU MENARIK DI DALAM LIFT (Cerpen)

Menarik juga hal ini. Mungkin ada rekan2 di sini yang sering menonton acaraCandid Camera di TV. Para crew acara tersebut biasanya mengerjai orang2 sehingga mereka melakukan apa yang tidak akan dilakukan dalam keadaan normal.

Kasus "invisible fish" misalnya. dalam cerita tersebut, di suatu pet shop,sengaja dipasang aquarium kosong di tengah ruangan dengan label "invisible fish". si "penjaga" pet shop ternyata berhasil meyakinkan orang2 yang memperhatikan aquarium itu kalau di dalamnya ada ikan yang tidak kelihatan.

Penjaga tersebut secara tidak sadar mempraktekkan apa yang disebut Stephen Long (www.stephenlonggroup.com) sebagai "creeping commitment" dalam tulisannya "The 6 Laws of Unconscious Influence".

Ini dilakukan dengan membuat pengunjung pet shop tersebut mengiyakan perkataan si penjaga. pembicaraannya berlangsung seperti ini:

* Penjaga: kamu lihat airnya bergerak kan?
* Pengunjung: iya
* Penjaga: kamu lihat ujung ekor ikan tersebut kan? (sambil menunjuk ke satu titik dalam aquarium)
* Pengunjung: iya (pura2 karena malu tidak bisa melihat)
* Penjaga: nah itu kepalanya, kelihatan kan?
* Pengunjung: iya ya.. (jadi agak yakin, walau masih pura2)
* Penjaga: nah ini dia lebih dekat lagi. sekarang kamu melihat keseluruhan ikan tersebut kan?
* Pengunjung: iya .. tuh dia bergerak.. bagus juga bentuknya..

Pengunjung itu bisa dibuat menjadi "melihat" ikan yang tidak kelihatan tersebut.
Karena malu kelihatan berbeda dengan penjaga pet shop yang dianggap lebih ahli,pengunjung tadi membuat dirinya jadi bisa melihat ikan yang tidak kelihatan itu.
(Buat yang masih bingung, aquarium tersebut memang kosong. Mana ada ikan invisible).

Manusia pada dasarnya tidak mau kelihatan berbeda. Karena itu hal2 yang berbeda malah ditakuti, dinista dan dijauhi. Tapi ada kalanya manusia jadi ikut2 berbeda, jika keadaan yang dihadapinya berbeda.

Contoh lain saya peroleh dari Candid Camera juga. Seorang pria masuk ke ruang tunggu dokter. Di dalam dia terkejut karena semua orang di ruang itu, pria dan wanita, hanya memakai baju dalam. Ada yang membaca koran, ngobrol, dan lain2 seolah2 tidak perduli dengan keadaan mereka. Orang lain kemudian masuk, membuka pakaiannya, dan memberikannya pada perawat yang juga tidak berpakaian.

Pria yang pertama tadi akhirnya mengikuti perilaku ini: membuka pakaiannya, memberikan pakaiannya pada perawat, dan dengan patuh duduk menunggu gilirannya dipanggil.. hanya dengan cawat!

Cerita di lift juga terjadi di Candid Camera. Seorang masuk dan mendapatkan semua orang di lift tsb berdiri membelakangi pintu masuk lift. Awalnya dia ragu,tapi kemudian ikut berdiri dengan posisi itu.. tanpa tahu kenapa harus melakukannya.

Moral of the story: Manusia umumnya tidak ingin berbeda. Karenanya dia berusaha membuat dirinya menjadi sama dengan orang lain (pernah heran kenapa semua orang di mal berpenampilan mirip satu sama lain?).

Padahal perbedaan sebenarnya baik. Perbedaan adalah hasil kreativitas. Mungkin seharusnya kita mempromosikan perbedaan.hehe^_^

No comments:

Post a Comment

be ur self