by Donna Trianty

May 1, 2011

Belajar Biola 02 – Bow Dan Hars (Rosin)


Mengenal Bow Dan Hars (Rosin).
Kenapa senar digesek tidak menghasilkan bunyi?.
Jika biola masih dalam keadaan baru (baru saja dibeli, dan bow belum pernah digunakan) hair bow masih licin, sehingga ketika senar digesek tidak akan menghasilkan bunti. Hair terlebih dahulu perlu di gosokkan pada hars, atau sebaliknya, hars digosokkan pada bow (hair).
Bow Dan Hars 01
Bow hair yang masih baru kelihatan mengkilap dan sedikit berwarna “kecokelatan”, sedangkan hair yang sudah diberi hars, akan terlihat “putih” (Gambar A).
Bow hair perlu dikencangkan terlebih dahulu sebelum di beri hars. Putar screw tension ke arah kanan (Gambar C), dan kendorkan (putar ke kiri) setelah usai digunakan.
Kencangkan bow secukupnya, jika terlalu kencang bisa menyebabkan hair cepat molor dan mudah putus.
Jika bingung : gunakan pensil sebagai patokan dasar untuk mencari tingkat ketegangan hair.Pensil diletakkan di tengah-tengah bow (Gambar B).
Jarak antara hair dan stick, bila diukur pada bow bagian tengah, diperkirakan sekitar 0,5 cm – 1 cm, tetapi ini bukan ukuran pasti, cukup atau tidaknya kekencangan hair dapat anda rasakan setelah anda terbiasa menggesek senar.
Hars yang masih baru-pun demikian, perlu “dilukai” / di gores sedikit (Gambar Bow dan Hars 02) dengan menggunakan benda tajam (terlebih untuk hars bawaan / satu paket saat membeli biola – terdapat di dalam wadah penyimpanan biola), sebab hars paketan ini biasanya keras, tetapi anda dapat menggantinya dengan hars yang kualitasnya lebih bagus, harganya sekitar 75 ribu s/d 100 ribuan.

Bow Dan Hars 02
Catatan :
  1. Hars mudah pecah, jika terjatuh. Saat membuat goresan pada hars-pun jangan sepertimencincang daging dan sayur untuk memasak :) .
  2. Setelah hars diberi goresan, lakukan gesekan awal dengan perlahan, jika gesekan bow terlalu kuat, goresan pada hars yang baru dibuat tadi dapat menyebabkan hair mudah putus.
Kita sekaligus bisa berlatih menggesek (tangan kanan) pada saat bow diberi pada hars.
Caranya : pegang hars dan posisikan hars layaknya senar biola yang akan digesek, lalu mulailah menggesek hars seperti anda menggesek senar biola (Gambar Bow dan Hars 03). Cara ini dapat digunakan untuk membiasakan tangan kanan pada teknik memegang bow.
Bow Dan Hars 03
Bow Dan Hars 03
__________________________________________________________
Cintai Alat Musik Anda
Berikan hars secukupnya pada bow, jika terlalu banyak, pada saat bow digesek pada senar, serbuk hars akan beterbangan kemana-mana seperti bedak, ini dapat terhirup.
Hars berfungsi selain untuk dapat menghasilkan bunyi pada senar, hars juga berperan untuk mengurangi panas yang terjadi akibat gesekan hair pada senar, jika hair bow jarang diberi hars,hair akan cepat molor dan putus akibat panas.
Setelah anda berlatih (menggesek senar biola), debu (bubuk) hars / rosin akan menempel pada bow, atau seperti bedak yang tumpah diatas senar, fingerboard, dan bodi biola (Gambar 1Bow dan Hars 04). Serbuk ini jangan dibiarkan, bersihkan dengan menggunakan kain yang lembut, bukan kuas :) .
Jika serbuk ini dibiarkan, maka akan menumpuk dan sulit dibersihkan (contoh pada gambar 2 Bow dan Hars 04), maka, yang terjadi adalah terpaksa kita harus mengkeroknya sendiri, dan beresiko merusak biola atau bow anda.
Bow dan Hars 04
Bow dan Hars 04
Hair bow jangan dipegang / sering disentuh tangan, sebab tangan kita berminyak, kalau sering memegang hair, minyak dari tangan kita akan menyatu dengan serpihan hars / rosin yang sudah digesekkan pada bow. Lihat bagian yang berwarna hitam kecokelatan (Gambar Bow dan Hars 05).

Bow dan Hars 05

No comments:

Post a Comment

be ur self